ABSTRAKPembelajaran asinkronus sudah tidak asing lagi bagi para pendidik/pengajar di era pandemisaat ini. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pembelajaran asinkronus menggunakanQuizizz efektif dalam pembelajaran bahasa Inggris dan mengetahui model pembelajaranbahasa Inggris dan kendala menggunakan aplikasi Quizizz. Penelitian ini merupakan penelitiandeskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Universitas Dhyana Pura Bali dengan objekmahasiswa yang mengambil mata kuliah bahasa Inggris tahun ajaran 2020/2021. Metode yangdilakukan dalam pengumpulan data adalah metode analisis deskriptif dengan mengamatiproses pembelajaran mahasiswa secara daring. Penelitian ini yang dirasakan mahasiswa terkaitkeefektifan dari kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa prodi Sastra Inggris dan beberapaprodi yang lain di Universitas Dhyana Pura menunjukkan bahwa 100% mahasiswa menyukaimodel pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Quizizz ini. Berdasarkan hasil observasidan kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa, mahasiswa sangat menyukai pembelajarandengan menggunakan aplikasi ini. Baik proses secara pembelajaran langsung atau asinkronus.Fitur pembelajaran aplikasi ini sangat menarik dan hasil survei kepada mahasiswamenunjukkan 100% mahasiswa menyukai dan fitur-fitur pada aplikasi ini juga disukai samamahasiswa. Kendala yang dihadapi oleh mahasiswa yang pasti dan terutama adalah koneksiinternet untuk mengerjakannya, di mana Aplikasi Quizziz perlu koneksi yang baik.Kata Kunci: Asinkronus, Bahasa Inggris, Aplikasi QuizizzABSTRACTAsinkronus learning is no stranger to educators/teachers in the current pandemic era. The aimof this study was to determine the effectiveness of asinkronus learning using Quizizz in learningEnglish and to find out the model of learning English and the obstacles to using Quizizzapplication. This research is a qualitative descriptive study. This research was conducted atDhyana Pura Bali University with students taking English courses for the 2020/2021 academicyear. The method used in data collection is a descriptive analysis method by observing theonline student learning process. This research that is felt by students regarding theeffectiveness of the questionnaire given to students of the English Literature study programand several other study programs at Dhyana Pura University shows that 100% of students likethe learning model using this Quizizz application. Based on the results of observations andquestionnaires given to students, students really like learning by using this application. Eitherthe learning process is direct or asinkronus. The learning features of this application are veryinteresting and the results of a survey to students show that 100% of students like it and thefeatures in this application are also liked by students. Constraints faced by students who aresure and foremost is the internet connection to do it. It needs a good internet connection if youuse this Quizizz application.Keywords: Asinkronus, English, Quizizz Application
Copyrights © 2022