Notasi: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 1 No. 2 (2023): Desember

Efektivitas pendekatan STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi bilangan berpangkat di SMA Al-Wildan Islamic School 7 Serang

Saputra, Reksa (Unknown)
Nindiasari, Hepsi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan efektivitas penggunaan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi bilangan berpangkat di kelas X SMA. Metode penelitian, merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas X AE yang terdiri dari 25 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Data tes yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian, berdasarkan analisis ujitdependent dengan taraf signifikan α = 0,05, diperoleh rata-rata nilai tes sebelum penerapan pendekatan pembelajaran STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi bilangan berpangkat adalah 64,84 dan sesudah penerapan pendekatan pembelajaran STAD didapatkan rata-rata nilai tes 82 dengan t-hitung > t-tabel 3,465 > 1,714. Simpulan, hasil belajar matematika siswa setelah X SMA  setelah penerapan pendekatan pembelajaran STAD signifikan tuntas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

notasi

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

NOTASI : Jurnal Pendidikan Matematika [e-ISSN: 2988-5906] adalah Jurnal Open Access yang membahas terkait tentang pendidikan matematika yang terjadi dalam konteks masyarakat di tingkat pendidikan dasar, menengah dan pendidikan tinggi. Jurnal Notasi menerima artikel ilmiah penelitian atau kajian ...