Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation
Vol 1, No 2 (2024): Agustus 2024

Menembus Mitos Padi Semakin Tinggi Semakin Merunduk Sebuah Pendekatan Semiotik Membongkar Makna yang Mendalam

Anggi Nur Febriani (Universitas Negeri Medan)
Syarafina Harahap (Universitas Negeri Medan)
Difa Hartati (Universitas Negeri Medan)
Safira Ayesha Ismaidini (Universitas Negeri Medan)
Hoirina Pulungan (Universitas Negeri Medan)
Rosmawaty Harahap (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Mitos padi semakin tinggi semakin merunduk telah lama hadir dalam budaya agraris di Indonesia. Mitos ini sering diinterpretasikan secara harfiah sebagai simbol kerendahan hati dan ketekunan. Namun, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dalam proses pemerolehan informasinya, dan menggunakan pendekatan semiotik untuk mengungkap makna yang lebih mendalam di balik mitos tersebut. Penelitian ini mengkaji berbagai sumber terbaru, termasuk penelitian linguistik, untuk memahami konteks dan makna simbolis padi dalam budaya Indonesia. Pendekatan semiotic dengan metode pemerolehan data deskriptif kualitatif digunakan untuk membongkar berbagai tanda dan makna yang terkandung dalam mitos padi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mitos padi semakin tinggi semakin merunduk memiliki makna yang kompleks dan multidimensi. Mitos ini tidak hanya tentang kerendahan hati dan ketekunan, tetapi juga tentang keseimbangan, kesuburan, dan hubungan manusia dengan alam. Penelitian ini memberikan kontribusi baru dalam memahami makna mitos padi semakin tinggi semakin merunduk.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

HEMAT

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Physics Transportation

Description

HEMAT: Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation dengan nomor ISSN terdaftar 3032-3843 (Cetak - Print) dan 3032-1875 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. HEMAT: Journal of Humanities Education Management ...