Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation
Vol 1, No 2 (2024): Agustus 2024

Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Fokus Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar

Dien Madina Farinada (Universitas Primagraha)
Siti Julaeha (Universitas Primagraha)
Fadhli Dzil Ikrom (Universitas Primagraha)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Dalam era saat ini, belajar sering kali tidak dianggap sebagai sesuatu yang menyenangkan. Ini disebabkan beberapa faktor yang menyebabkan siswa merasa jenuh, malas, kurang fokus, dan bosan. Keluhan yang dirasakan siswa juga bisa tercermin dari orang tua dan guru yang membuat siswa kehilangan semangat untuk belajar. Banyak siswa menghabiskan banyak waktu di depan layar komputer, televisi, dan ponsel mereka, mengalihkan perhatian dari pembelajaran. Meskipun pembaharuan kurikulum, peningkatan kualitas guru, dan upaya lainnya telah dilakukan oleh pemerintah, masih banyak siswa yang kesulitan memahami materi yang diajarkan. Salah satu pendekatan yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya dalam Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar, adalah dengan menerapkan model pembelajaran Role Playing. Model ini melibatkan siswa dalam berperan sebagai karakter tertentu dalam skenario tertentu, memungkinkan mereka untuk aktif dalam pembelajaran. Melalui penelitian dan analisis literatur, model pembelajaran Role Playing terbukti memiliki kelebihan, seperti melatih kreativitas siswa dan meningkatkan kerja sama. Namun, ada juga beberapa kekurangan, seperti memakan banyak waktu dan memerlukan ruang yang cukup luas. Langkah-langkah penerapan model pembelajaran Role Playing mencakup persiapan, pemilihan peran, penataan ruang kelas, permainan peran, diskusi, evaluasi, dan pembelajaran ulang. Dengan demikian, model pembelajaran Role Playing dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya dalam Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

HEMAT

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Physics Transportation

Description

HEMAT: Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation dengan nomor ISSN terdaftar 3032-3843 (Cetak - Print) dan 3032-1875 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. HEMAT: Journal of Humanities Education Management ...