Pendidikan kewarganegaraan merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan adalah untuk membentuk siswa yang mampu mengenal jati dirinya sebagai bangsa Indonesia, berakhlak mulia, cerdas, jujur, peduli, saling berbagi, gotong royong, demokratis, terampil, dan tangguh melalui penanaman dan pembudayaan nilai yang bersumber dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia yakni Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi tantangan dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada SD 024868 Kota Binjai. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif tipe deskriptif. Dengan mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh siswa dan guru dalam pembelajaran PKn. Kemudian merancang solusi berupa media pembelajaran yang inovatif menggunakan platform wordwall. Media pembelajaran ini memanfaatkan fitur-fitur interaktif wordwall, termasuk kuis, permainan, dan aktivitas kolaboratif. Dengan penggunaan platform, penulis berharap dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan membuat pembelajaran lebih menarik, efektif, serta melibatkan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran wordwall secara signifikan meningkatkan partisipasi siswa dan minat mereka dalam memahami materi PKn.
Copyrights © 2024