QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora
Vol 2 No 2 (2024): 2024

Konsep Pemikiran Al Ghazali Dalam Pendidikan Agama Islam Era Society 5.0

Choirul Anam (Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo)
M. Zainul Muqorrobin (Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo)
Candra Pernama (Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo)
Tamrin Fathoni (Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2024

Abstract

Kemudahan penggunaan teknologi digital mempengaruhi semua orang di masyarakat di era masyarakat 5.0. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan konsep pemikiran al-ghazali dalam pendidikan agama islam era society 5.0. Pendekatan penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan, dimana selutuh data diambil melalui buku dan jurnal ilmiah, dengan analisis data reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa pemikiran Imam al-Ghazali mengenai gagasan pendidikan masih tepat dan layak diterapkan di era society 5.0, terbukti dengan banyaknya aspek yang masih bisa dimanfaatkan dan relevan dengan situasi yang dihadapi. Tantangan dan permasalahan yang dihadapi dalam hal ini sangat berbeda. Saat ini, pendidik harus fokus pada pentingnya penanaman nilai-nilai karakter. Dalam masyarakat 5.0, peran pendidik sangat penting dalam memanfaatkan media yang lengkap, canggih, dan mutakhir seperti laptop dan komputer dengan perangkat medianya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

qosim

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora dengan e-ISSN 2987-713X (online) p-ISSN 3025-5163 (cetak) dan Prefix DOI 10.61104. adalah jurnal multidisiplin dan akses terbuka peer-reviewed dengan mengikuti kebijakan single-blind review. Artikel ilmiah pada Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & ...