Siswa di tingkat sekolah dasar sering mengalami kesulitan dalam mempelajari materi sudut matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kesulitan yang dihadapi siswa saat belajar materi sudut, serta faktor-faktor yang berkontribusi pada kesulitan tersebut. Materi matematika banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Studi ini melibatkan orang tua dan siswa-siswi MI Tarbiyatus Sa'adah, guru matematika kelas IV. Untuk mengumpulkan data, observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan. Penulis menggunakan model yang diciptakan oleh Miles dan Huberman untuk menganalisis data, yang mencakup pengurangan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesulitan belajar yang dialami siswa terdiri dari kesulitan membaca dan memahami soal, kesulitan transformatif dan memproses, dan kesulitan menuliskan jawaban akhir. Ketiga masalah ini berbeda dalam cara siswa menjawab pertanyaan guru di kelas. Namun, ada dua jenis faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa: faktor internal, seperti motivasi, minat, dan rasa percaya diri; faktor eksternal, seperti keluarga dan lingkungan sekolah.
Copyrights © 2024