Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 4 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2024 (2)

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Experiential Learning dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas V SD Inpres Oesapa Kota Kupang

Enjel Novita Wadu (Universitas Citra Bangsa)
Yulsy Marselina Nitte (Universitas Citra Bangsa)
Kristina E. Noya Nahak (Universitas Citra Bangsa)
Femberianus Sunario Tanggur (Universitas Citra Bangsa)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Model pembelajaran eksperiensial adalah gaya mengajar yang memungkinkan siswa memperoleh keterampilan dan pengetahuan melalui pengalaman langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana paradigma experiential learning mendorong peningkatan partisipasi siswa dalam kelas IPS di SD Inpres Oesapa Kota Kupang khususnya kelas V. Satu kelas yang terdiri dari lima siswa dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok A (kelompok eksperimen) dan kelompok B (kelompok kontrol), dengan menggunakan desain eksperimen semu. Data dikumpulkan melalui survei dan dokumen. Uji normalitas dan homogenitas digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini. Temuan penelitian dan pembahasan mengenai “pengaruh model experiential learning terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Inpres Oesapa Kupang” menunjukkan bahwa model ini berdampak terhadap keaktifan siswa. Siswa kelas V SD Inpres Oesapa Kupang sedang mempelajari mata kuliah sains. Temuan pengujian hipotesis dengan uji-t sampel independen dan tingkat signifikansi 5% (0,05) menunjukkan hal ini. Temuan penelitian menunjukkan tingkat signifikan (2-tailed) sebesar 0,019 < 0,05, menolak Ho dan menerima Ha. Hal ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai aktivitas belajar siswa yang berbeda; Namun model experiential learning mempunyai pengaruh yang berbeda terhadap aktivitas pembelajaran IPA dan aktivitas belajar siswa di kelas V SD Inpres Oesapa Kupang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...