Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat validitas, reliabilitas, dan tingkat kesukaran soal yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan (AI) dengan menggunakan platfrom QuestionWell. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan analisis validitas, reliabilitas, dan tingkat kesukaran soal secara empirik. Sampel penelitian terdiri dari 32 siswa kelas 8 SMP Bina Insan Mandiri. Soal yang diujikan sebanyak 20 butir soal berbentuk pilihan ganda sesuai dengan materi yang dipelajari siswa. Analisis data dilakukan menggunakan korelasi Point Biserial untuk validitas butir soal, KR-20 untuk reliabilitas, dan uji proporsi untuk tingkat kesukaran soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 60% soal yang dihasilkan oleh AI terbukti valid. Tingkat reliabilitas soal mencapai angka 0,743, menunjukkan konsistensi yang dapat diandalkan dalam pengukuran. Seluruh soal dikategorikan sebagai soal dengan tingkat kesukaran yang mudah. Berdasarkan pemeringkatan kompetensi membaca, seluruh butir soal termasuk pada tingkat dasar. Kelebihan pada pembuat soal ini adalah penggunaannya berpotensi dalam meningkatkan efisiensi dan membantu guru dalam membuat soal secara otomatis. Namun kekurangannya yaitu, guru perlu memastikan kembali soal yang akan diujikan sesuai dengan tujuan pembelajaran dan soal yang dihasilkan belum variatif dalam mengukur kompetensi membaca siswa. Dengan demikian, peneliti merekomendasikan untuk memandang AI sebagai sarana pendukung dalam penyusunan instrumen tes. Soal yang dihasilkan AI hanya sebagai bahan masukan bagi guru, bukan sebagai instrumen final. Peran guru dalam hal ini adalah berkolaborasi dengan AI untuk mengoptimalisasi peran AI dalam ranah pendidikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024