Jurnal Riset Bisnis, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi
Vol. 1 No. 1 (2024): FEB - JRBME

Kajian Literatur: Strategi Personal Selling Melalui Relationship Marketing Pasca Pandemi COVID-19

Rahmat Riwayat Abadi (Universitas Negeri Makassar)
M. Ikhwan Maulana Haeruddin (Universitas Negeri Makassar)
Muh. Yushar Mustafa (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya)
Muh. Umar Data (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya)
Nurjannah Nurjannah (Universitas Andi Djemma)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2024

Abstract

Salah satu strategi pemasaran yang menjadi kunci bagi organisasi, khususnya perusahaan/unit bisnis, yaitu strategi promosi. Dalam melakukan strategi promosi ada beberapa cara dan salah satunya yaitu strategi personal selling melalui relationship marketing. Penelitian ini pun kemudian menemukan masalah yang masih sedikit terjawab di dalam literatur pemasaran yakni kia tapa saja yang sebaiknya dilakukan oleh unit bisnis dalam menentukan strategi pemasarannya, terkhusus personal selling melalui relationship marketing di era pasca pandemi COVID-19. Dengan pendekatan metode analisis literatur, penelitian ini kemudian menyimpulkan bahwa secara umum, strategi personal selling melalui relationship marketing pasca pandemi COVID-19 di antaranya: (1) berkembangnya  koneksi digital; (2) fokus pada kebutuhan pelanggan; (3) menyediakan nilai tambah; (4) membangun kepercayaan; (5) personalisasi komunikasi; dan (6) menjaga hubungan jangka panjang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrbme

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Riset Bisnis, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi (JRBME) is peer-reviewed and publishes in February, May, August, and November every year. JRBME is also committed to publishing scholarly empirical and theoretical research articles that have a contribution to the business, management, and economics ...