cover
Contact Name
PT Smart Media Makassar
Contact Email
support.jrbme@dailymakassar.id
Phone
-
Journal Mail Official
support.jrbme@dailymakassar.id
Editorial Address
Jalan Ade Irma Nasution D No. 5
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Riset Bisnis, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi
ISSN : -     EISSN : 30472415     DOI : -
Jurnal Riset Bisnis, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi (JRBME) is peer-reviewed and publishes in February, May, August, and November every year. JRBME is also committed to publishing scholarly empirical and theoretical research articles that have a contribution to the business, management, and economics fields as a whole. JRBME encourages new ideas or new perspectives on existing research. JRBME is an online and open-access journal.
Articles 8 Documents
Implementasi Metode CAMEL: Analisis Perbandingan Kesehatan Bank Periode Tahun 2014-2016 Anggraeni, Andi Citra; Alkaosar, Bismal; Resanda, Ricky; Alim, Rezki Amaliah
Jurnal Riset Bisnis, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi Vol. 1 No. 1 (2024): FEBRUARY 2024 - JRBME
Publisher : Jurnal Riset Bisnis, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan kesehatan Bank Aladin Syariah, Bank Victoria Syariah, dan Bank NTB Syariah dengan dengan mengimplementasikan metode CAMEL pada periode 2014-2016. Data laporan keuangan perbankan digunakan untuk mengevaluasi lima aspek kesehatan bank, yaitu Capital, Asset Quality, Management, Earnings, dan Liquidity. Hasil analisis menunjukkan perbedaan kinerja keuangan ketiga bank, dengan Bank NTB Syariah menonjol sebagai pilihan investasi yang menjanjikan karena konsistensi kesehatan keuangan, manajemen risiko efektif, dan efisiensi operasional yang baik. Meskipun Bank Aladin Syariah memiliki keunggulan tertentu, fluktuasi dalam beberapa rasio perlu mendapatkan perhatian, sedangkan Bank Victoria Syariah menghadapi tantangan tertentu yang perlu diatasi untuk mencapai kesehatan finansial yang optimal. Analisis ini memberikan wawasan strategis bagi investor dan pengambil keputusan di sektor perbankan syariah.
Studi Mengenai Kinerja Keuangan Bank Bukopin Syariah Tahun 2020-2022 dengan Metode CAMEL Mustafa, Fahrina; Mustafa, Riad; Sediawan, M. N. Lisan; Usman, Ernawaty
Jurnal Riset Bisnis, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi Vol. 1 No. 1 (2024): FEBRUARY 2024 - JRBME
Publisher : Jurnal Riset Bisnis, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kinerja keuangan bank di Indonesia merupakan salah satu factor utama yang dijadikan indikator sehat atau tidaknya bank terkait, khususnya Bank Bukopin Syariah yang merupakan unit analisis di penelitian ini. Dengan aplikasi dari metode CAMEL, penelitian ini menggunakan data keuangan dari tahun 2020 hingga 2022 dari Bank Bukopin Syariah. Jenis data pada penelitian ini berupa data sekunder yang terdokumentasi dan dapat diakses melalui situs resmi Bursa Efek Indonesia. Teknik pengumpulan data yang diterapkan adalah melalui dokumentasi, dan variabel yang menjadi fokus adalah kinerja keuangan yang dievaluasi menggunakan Metode CAMEL. Hasil analisis menunjukkan bahwa Bank Bukopin Syariah menghadapi penurunan, tetapi tetap dikategorikan sebagai "Sehat" dengan upaya restrukturisasi keuangan dan khusus untuk perspektif investasi, Bank Bukopin Syariah menonjol sebagai opsi yang menjanjikan.
Kajian Literatur: Strategi Personal Selling Melalui Relationship Marketing Pasca Pandemi COVID-19 Abadi, Rahmat Riwayat; Haeruddin, M. Ikhwan Maulana; Mustafa, Muh. Yushar; Data, Muh. Umar; Nurjannah, Nurjannah
Jurnal Riset Bisnis, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi Vol. 1 No. 1 (2024): FEBRUARY 2024 - JRBME
Publisher : Jurnal Riset Bisnis, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu strategi pemasaran yang menjadi kunci bagi organisasi, khususnya perusahaan/unit bisnis, yaitu strategi promosi. Dalam melakukan strategi promosi ada beberapa cara dan salah satunya yaitu strategi personal selling melalui relationship marketing. Penelitian ini pun kemudian menemukan masalah yang masih sedikit terjawab di dalam literatur pemasaran yakni kia tapa saja yang sebaiknya dilakukan oleh unit bisnis dalam menentukan strategi pemasarannya, terkhusus personal selling melalui relationship marketing di era pasca pandemi COVID-19. Dengan pendekatan metode analisis literatur, penelitian ini kemudian menyimpulkan bahwa secara umum, strategi personal selling melalui relationship marketing pasca pandemi COVID-19 di antaranya: (1) berkembangnya  koneksi digital; (2) fokus pada kebutuhan pelanggan; (3) menyediakan nilai tambah; (4) membangun kepercayaan; (5) personalisasi komunikasi; dan (6) menjaga hubungan jangka panjang.
Kajian Literatur: Strategi Personal Selling Melalui Relationship Marketing Pasca Pandemi COVID-19 Rahmat Riwayat Abadi; M. Ikhwan Maulana Haeruddin; Muh. Yushar Mustafa; Muh. Umar Data; Nurjannah Nurjannah
Jurnal Riset Bisnis, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi Vol. 1 No. 1 (2024): FEB - JRBME
Publisher : PT Smart Media Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu strategi pemasaran yang menjadi kunci bagi organisasi, khususnya perusahaan/unit bisnis, yaitu strategi promosi. Dalam melakukan strategi promosi ada beberapa cara dan salah satunya yaitu strategi personal selling melalui relationship marketing. Penelitian ini pun kemudian menemukan masalah yang masih sedikit terjawab di dalam literatur pemasaran yakni kia tapa saja yang sebaiknya dilakukan oleh unit bisnis dalam menentukan strategi pemasarannya, terkhusus personal selling melalui relationship marketing di era pasca pandemi COVID-19. Dengan pendekatan metode analisis literatur, penelitian ini kemudian menyimpulkan bahwa secara umum, strategi personal selling melalui relationship marketing pasca pandemi COVID-19 di antaranya: (1) berkembangnya  koneksi digital; (2) fokus pada kebutuhan pelanggan; (3) menyediakan nilai tambah; (4) membangun kepercayaan; (5) personalisasi komunikasi; dan (6) menjaga hubungan jangka panjang.
Manajemen Strategi dalam Perspektif Ilmu Manajemen: Analisis Berbasis Literatur Akbar, Abdi; Mustafa, Muh. Yushar; Haeruddin, M. Ikhwan Maulana; Mustafa, Riad; Sukarno, Zulfikry; Darmawinata, Widhi N. S.; Ekawaty, Charisma
Jurnal Riset Bisnis, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi Vol. 1 No. 1 (2024): FEBRUARY 2024 - JRBME
Publisher : Jurnal Riset Bisnis, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pentingnya manajemen strategi terletak pada kemampuannya untuk membantu organisasi menghadapi perubahan lingkungan yang cepat dan kompleks. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah tuntutan dari dinamika dunia usaha yang mendorong organisasi agar dapat menyesuaikan diri, berinovasi, dan juga mengantisipasi perubahan pasar, kebutuhan teknologi, dan kebutuhan pelanggan. Penelitian ini pun kemudian mencoba menggali lebih dalam terkait peranan manajemen strategi dalam perspektif ilmu manajemen dengan pendekatan kualitatif, yaitu studi literatur. Hasil dari studi literatur ini menyimpulkan bahwa manajemen strategi dalam sudut pandang manajemen melibatkan serangkaian aktivitas yang terkait dengan pengamatan lingkungan, perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi serta pengendalian. Dalam pengamatan lingkungan, manajemen strategi melakukan analisis pasar, analisis pesaing, analisis tren ekonomi, teknologi, sosial, dan politik, serta identifikasi peluang dan ancaman yang ada.
Analisis Strategi Optimalisasi Saham LQ 45 pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2019 Nurtjahjani, Fullchis; Nurdahlia, Dwi Ulfa; Mutmainnah, Mutmainnah; Sumarni, Sumarni; Mintardjo, Christoffel Mardy Oktarisa; Haji, Sulfi Abdul; Hamiddin, Muh. Irwan Nur
Jurnal Riset Bisnis, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi Vol. 1 No. 1 (2024): FEBRUARY 2024 - JRBME
Publisher : Jurnal Riset Bisnis, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana cara menganalisis komposisi dan kinerja portofolio optimal menggunakan MIT saham Indeks LQ 45 di BEI dan bagaimana cara menganalisis perbandingan kinerja portofolio optimal saham Indeks LQ 45 strategi aktif menggunakan MIT dengan strategi pasif mengikuti indeks pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komposisi dan kinerja portofolio optimal menggunakan MIT saham Indeks LQ 45 di BEI, dan menganalisis perbandingan kinerja portofolio optimal saham Indeks LQ 45 strategi aktif menggunakan MIT dengan strategi pasif mengikuti indeks pasar. Penelitian ini menemukan bahwa kinerja portofolio saham dari strategi aktif MIT menunjukkan hasil ER portofolio sebesar 0,05776 dengan tingkat risiko 0,02490. Sementara hasil analisis statistik dengan metode Paired-Samples T-Test diketahui bahwa return kelompok saham strategi aktif dan kelompok saham strategi pasif memiliki pebedaan yang signifikan. Angka signifikansi t hitung sebesar 0,046 < 0,05 (α = 5%). Untuk perbedaan risiko diukur dengan standar deviasi yang mencerminkan risiko total saham. Hasil perhitungan menunjukkan angka signifikansi sebesar 0,009 < 0,05 (α = 5%) yang mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan antara risiko portofolio strategi aktif Metode Indeks Tunggal dengan portofolio strategi pasif mengikuti Indeks LQ 45.
Peran Organisasi Mahasiswa dalam Pengembangan Keterampilan Manajerial Mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Makassar Arnis, Syahrul Mubarak; Akbar, Abdi; Natsir, Uhud Darmawan; Musa, Muhammad Ichwan; Hamka, Rezky Amalia
Jurnal Riset Bisnis, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2024): MAY 2024 - JRBME
Publisher : Jurnal Riset Bisnis, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui peran organisasi mahasiswa dalam peningkatan keterampilan manajerial mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini secara geografis terletak di kelurahan Gunungsari kecamatan Rappocini Kota Makassar tepatnya di Fakultas Ekonomi  dan  Bisnis Universitas Negeri Makassar, perguruan tinggi dimana peneliti menempuh pendidikan tinggi. Penelitian ini dimulai pada bulan Februari -Maret tahun 2024. Data yang diperoleh melalui wawancara terhadap 13 informan yang dibagi menjadi 3 macam yaitu informan kunci, informan ahli dan informan tambahan. Selanjutnya data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa organisasi mahasiswa memiliki peran dalam pengembangan keterampilan manajerial mahasiswa. Kegiatan operasional dalam organisasi mahasiswa secara tidak langsung mengembangkan keterampilan manajerial mahasiswa baik dari segi konseptual, interpersonal dan teknisnya.
The Influence of Work Environment and Compensation on Employee Job Satisfaction at CV. Amanda Brownies Makassar Edwin, Muhammad Farid Saputra; Ruma, Zainal; Dipoatmodjo, Tenri S. P.
Jurnal Riset Bisnis, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2024): MAY 2024 - JRBME
Publisher : Jurnal Riset Bisnis, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to examine the effect of physical work environment, non-physical work environment, financial compensation and non-financial compensation on employee job satisfaction at CV. Amanda Brownies. The population in this study were 74 respondents and used as a sample consisting of validity, reliability, normality, heteroscedasticity, multicollinearity, partial test, simultaneous test and determination coefficient test. The data used is quantitative data with multiple regression analysis tools using the SPSS Version 26 data processing application. The test results show that the physical work environment, non-physical work environment, financial compensation and non-financial compensation have a positive and significant effect on job satisfaction. Physical work environment, non-physical work environment, financial compensation and non-financial compensation simultaneously have a positive and significant effect on job satisfaction.

Page 1 of 1 | Total Record : 8