Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M)
Vol. 5 No. 2 (2024)

Experient learning untuk mensejahterakan anak berkebutuhan khusus

Muttaqin, Islakhul (Unknown)
Puspita, Pandini Dwi (Unknown)
Lubis, Siti Halida (Unknown)
Prihartanti, Nanik (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2024

Abstract

Memiliki anak berkebutuhan khusus diperlukan kesediaan dan penerimaan yang penuh dari orang tua. Untuk itu pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu mitra dalam meningkatkan penerimaan diri para orang tua dan membantu mensejahterakaan anak berkebutuhan khusus dengan cara para orang tua mengetahui potensi yang dimiliki anak serta memberikan apresiasi kepada anak ketika di lingkungan rumah. Pengabdian ini dilaksanakan dengan cara experient learning, yaitu upaya reflektif untuk menumbuhkan kesadaran para peserta untuk mengenali potensi yang dimiliki oleh anak berkebutuhan khusus. Melalui media bintang dari apel, para orang tua diberikan refleksi bahwa setiap anak memiliki potensinya masing-masing. Pengabdian ini bekerjasama dengan SLB Mitra Ananda Colomadu, Karanganyar. Peserta pengabdian adalah para orang tua siswa di SLB Mitra Ananda yang berjumlah 30 orang. Hasil pengabdian menunjukkan para orang tua menyadari bahwa setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Para orang tua mampu mengidentifikasi anak sebagai anugerah, mengenali sifat-sifat baik anak dan kegiatan yang disukai anak sebagai upaya mensejahterakan anak ketika di lingkungan rumah. Selain itu terjadi peningkatan penerimaan diri oleh orang tua.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JP2M

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) dengan nomor registrasi ISSN 2721-5156 (cetak) 2721-5148 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmu yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Malang. Jurnal Ini mencakup banyak masalah secara umum ...