Pemahaman guru pada dunia publikasi sangat minim yang berdampak pada rendahnya karya ilmiah guru. Kegiatan ini dilakukan untuk stimulus dan meningkatkan produktivitas guru dengan metode Participatory Action Research (PAR) yang membekali guru mengenai: 1) Penerapan model pembelajaran berbasis Team Based Project pada Mata Pelajaran Sosiologi di level SMA/MA; 2) Melakukan mini riset yang menghasilkan karya ilmiah; 3) Pelatihan mengenai berbagai metode dan pendekatan dalam melakukan penelitian bidang sosiologi; 4) Tips menentukan topik yang menarik untuk dibahas, penyusunan instrumen penelitian, teknik menggali data penelitian di lapangan, mengolah hasil data lapangan, pelaporan karya ilmiah; 5) Menyusun hasil penelitian menjadi sebuah artikel ilmiah yang siap untuk dipublikasikan, guru dibekali cara menulis artikel ilmiah; 6) Guru dibekali wawasan mengenai dunia publikasi ilmiah tentang jurnal dan prosiding baik nasional maupun internasional; 7) Guru diajarkan bagaimana cara submit jurnal, dan cara mendaftar dalam prosiding; 8) Guru diajarkan penggunaan aplikasi Mandeley dan Zotero untuk melakukan pengutipan dalam penulisan artikel; 9) Guru diajarkan mengenai etika publikasi ilmiah; dan 10) Guru dikenalkan berbagai aplikasi uji plagiasi artikel seperti Turnitin, Plagiarism Checker, Small Seo Tools, dan cara pengaplikasiannya. Akhirnya guru dapat menghasilkan artikel ilmiah yang siap dipublikasikan.
Copyrights © 2024