Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran pendidikan yang dilakukan oleh SMP Negeri 4 Merangin dalam meningkatkan minat masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP Negeri 4 Merangin telah menerapkan strategi pemasaran pendidikan yang cukup baik. Beberapa program dan pelayanan yang ditawarkan dapat menarik selera dan minat siswa. Faktor pendukung strategi pemasaran jasa pendidikan di SMP Negeri 4 Merangin yaitu: adanya kualitas dan brand yang tidak dimiliki oleh sekolah lain. Letak sekolah juga sangat strategis sehingga memudahkan lembaga dalam melakukan pemasaran jasa Pendidikan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah sarana dan prasarana yang belum memadai, persaingan cukup ketat, dan beberapa SDM belum memahami pentingnya pemasaran pendidikan.
Copyrights © 2024