Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah
Vol 9, No 1 (2024): JENDELA PLS

Strategi Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Pada Anak di Era 4.0 (Kampung KarangPilang RT 06 RW 02 Surabaya)

Nabila Kamaliya (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Isa Anshori (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

AbstrakBerkembangnya teknologi memiliki dampak pada perubahan anak, khususnya dalam proses pembelajaran. Permasalah dalam pesatnya teknologi ini membuat anak kecanduan bermain gadget yang menyebabkan anak berkurangnya jam belajar dan orang tua yang fokus dengan pekerjaan yang menyebabkan anak kurang motivasi dan dukungan dari orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendorong dan membangun pendampingan pada anak, komunitas karang taruna Kampung KarangPilang RT 06 RW 02 Surabaya membangun progam kerja “Sinau Bareng” untuk menciptakan kemudahan bagi para orangtua maupun anak dalam belajar dan menggunakan internet. Metode dalam penelitian ini mengggunakan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Field research adalah penelitian lapangan dengan memanfaatkan informasi yang bersumber dari responden melalui instrument pengumpulan data seperti wawancara, observasi dan sebagainya. Penelitian ini dilakukan pada masyarakat di daerah Kampung Karangpilang. Hasil dari Progam ini melibatkan anak-anak muda terutama komunitas Karang Taruna RT setempat melakukan kegiatan yang berkreativitas dan berkompetensi. Dalam kegiatan "Sinau Bareng" terdapat beberapa metode pembelajaran yaitu metode baca, memahami, ungkapkan, metode calistung, metode bernyanyi, metode gerak tubuh dan metode bermain. Terdapat pendorong dan penghambat kegiatan "Sinau Bareng". Dan program kerja "sinau bareng" Ada 2 yaitu Jamubangsa adalah sebuah kegiatan pinjam buku buang sampah yang dimaksud meminjam buku dengan menukar botol bekas. Dan Hadrah yang di laksanakan untuk mengisi waktu senggang kakak Karang Taruna dan adik-adik ini yang dinaungi oleh Pak Tri Yuli Susanto selaku RT 06 RW 02 Karangpilang. Dengan ini diharapkan menjadi keseimbangan antara ilmu pendidikan dengan penggunaan gadget. Begitupun Dampak terlaksananya kegiatan ini memberikan dampak yang sangan baik untuk anak-anak Kampung Karangpilang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpls

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Ruang lingkup Jurnal Jendela PLS meliputi : Pengembangan sosial dan pembangunan masyarakat pendidikan orang dewasa dan andragogi pendidikan keluarga, gender dan anak usia dini pendidikan kecakapan hidup pemberdayaan masyarakat model, strategi dan metode pelatihan dan kursus model, strategi dan ...