Pendekatan STEM PJBL merupakan pendekatan pembelajaran yang memadukan beberapa disiplin ilmu dan dikombinasikan proses pembelajranya menggunakan model project. Melalui ppendekatan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir, oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pendekatan steam dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain pre-eksperimental with one group pretest-posttest dengan populasi siswa kelas V Sekolah Dasar. Data penelitian diambil dengan menggunakan instrumen angket berpikir kritis dan observasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pendekatan STEAM mempunyai pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak kelas V SD. Peningkatan tersebut tercermin pada indikator berpikir kritis yang menunjukkan peningkatan dibandingkan pembelajaran yang tidak menggunakan pendekatan STEAM. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase setiap indikator pada saat pre-test sebesar 43,56% dan setelah dilakukan treatment diperoleh hasil post-test setiap indikator dengan persentase sebesar 65,98 sehingga jika dilihat dari rata-rata persentase tiap indikator terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis sebesar 22,42%.
Copyrights © 2023