Muta'allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 2 No 3 (2023): Muta'allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS IV SD NEGERI KARANGGINTUNG 02 KECAMATAN GANDRUNGMANGU KABUPATEN CILACAP

Nurlaeli, Siti (Unknown)
Nur, Muhamad Amin (Unknown)
Mujtahid, Mujtahid (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2023

Abstract

Researchers are interested in using audio-visual media to improve student learning outcomes. The problem raised in this research is whether the use of audio visual media can improve student learning outcomes in PAI subjects in Class IV of SD Negeri Karanggintung 02, Gandrungmangu District. This research uses a classroom action research design. This research procedure consisted of two learning cycles. Data collection techniques were carried out using test and observation techniques. Data analysis uses qualitative descriptive analysis techniques and descriptive statistical analysis. The results of this research reveal that the use of audio-visual media can improve student learning outcomes in PAI subjects in class IV of SD Negeri Karanggintung 02, Gandrungmangu District. This is based on the results of learning evaluations which show an increase in student learning outcomes from one cycle to the next. Before implementing the action, the average student score was 69.25 with a completion percentage of 70%, but after implementing the action in cycle I the average student score increased to 74.40 and the percentage of learning completion also increased to 85% of all students. In cycle II the students' average score was 76.50 and the percentage of learning completion reached 100%. This achievement has exceeded the research performance indicator, namely "75% of students experienced learning completion" so it can be concluded that the research hypothesis can be accepted, which means that the use of audio-visual media can improve student learning outcomes in PAI subjects in class IV of SD Negeri Karanggintung 02, Gandrungmangu District. Abstrak Peneliti tertarik untuk menggunakan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Kelas IV SD Negeri Karanggintung 02 Kecamatan Gandrungmangu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian ini dilaksanakan terdiri dari dua siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajara PAI di kelas IV SD Negeri Karanggintung 02 Kecamatan Gandrungmangu. Hal itu berdasarkan hasil evaluasi belajar yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari satu siklus ke siklus berikutnya. Sebelum pelaksanaan tindakan, nilai rata-rata siswa sebesar 69,25 dengan persentasee ketuntasan sebesar 70%, namun setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 74,40 dan persentase ketuntasan belajar juga meningkat menjadi 85% dari keseluruhan siswa. Pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 76,50 dan persentase ketuntasan belajar mencapai 100%. Pencapaian tersebut, telah melampaui indikator kinerja penelitian yaitu “75% siswa mengalami ketuntasan belajar” sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian dapatditerima yang artinya penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas IV SD Negeri Karanggintung 02 Kecamatan Gandrungmangu

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mjpai

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Mutaallim Jurnal Pendidikan Agama Islam adalah sarana komunikasi dan publikasi ilmiah yang berasal dari hasil penelitian di bidang pendidikan agama Islam baik literatur library research maupun lapangan field research dengan berbagai pendekatan Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun di bulan ...