Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pengaruh signifikan antara motivasi kerja dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Negeri 1, 2, dan 3 Pujiharjo. Motivasi kerja yang baik, baik dari segi intrinsik maupun ekstrinsik, dapat meningkatkan komitmen dan produktivitas guru. Selain itu, kepemimpinan kepala sekolah yang memotivasi, mendukung, dan komunikatif dapat memperkuat motivasi guru serta menciptakan suasana kerja yang mendukung kinerja mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kontribusi motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru secara spesifik. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada para guru dan dianalisis dengan teknik regresi berganda untuk mengevaluasi pengaruh motivasi kerja serta kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Temuan penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Motivasi kerja yang tinggi, baik dari aspek intrinsik maupun ekstrinsik, terbukti meningkatkan proses pengajaran. Selain itu, kepemimpinan kepala sekolah yang efektif melalui dukungan, bimbingan, dan komunikasi yang baik berhasil menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan meningkatkan kinerja guru.
Copyrights © 2024