DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol. 2 No. 2 (2024): 2024

Pandangan Guru Terhadap Pentingnya Penilaian Hasil Karya Dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Khaerani, Hera (Unknown)
Putri, Dewi (Unknown)
Puspita, Indah (Unknown)
Winarti, Dewi (Unknown)
Sulastri, Fitri (Unknown)
Wulansuci, Ghina (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2024

Abstract

Dalam Permendiknas Nomor 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini disebutkan penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan tingkat pencapaian perkembangann anak didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pandangan guru terhadap pentingnya penilaian hasil karya dalam pendidikan anak usia dini. Metode penelitian yang digunakanĀ  merupakan metode penelitianĀ  kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini mengumpulkan perspektif guru PAUD melalui wawancara mendalam dan observasi di salah satu lembaga di TK Ceria Silih Asih yang berada di Pangauban Batujajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru menganggap penilaian hasil karya penting untuk meningkatkan keterlibatan anak, memperkuat hubungan guru-murid, dan membantu penilaian perkembangan individu. Guru juga menekankan bahwa penilaian hasil karya bukan hanya produk akhir, tetapi proses kreatif yang mendukung perkembangan berbagai aspek anak. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan khususnya bagi peneliti danĀ  bagi pendidik dan pembuat kebijakan tentang pentingnya mengintegrasikan kegiatan hasil karya dalam kurikulum PAUD untuk mengoptimalkan perkembangan anak sejak dini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dzurriyat

Publisher

Subject

Education Other

Description

DZURRIYAT: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini adalah jurnal akses terbuka peer-reviewed dan mengikuti kebijakan single-blind review, bertujuan untuk menukar hasil penelitian anak usia dini yang menganalisis masalah, tren, praktik, dan kebijakan sejak lahir hingga usia delapan tahun. Jurnal ini ...