BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 1 (2024)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SERTAI PETA KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN AFEKTIF SISWA SMA

Nurafni Amelia (Unknown)
Fanni Zulaiha (Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon)
Dewi Kusuma (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Banyak siswa SMAN 1 Pasawahan saat dalam kegiatan pembelajaran kemampuan berpikir kritisnya kurang, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 1 Pasawahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini yaitu 60 siswa, 30 siswa pada kelas eksperimen dan 30 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis yang dilakukan dengan uji perbedaan rerata. Berdasarkan hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Pasawahan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...