BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 1 (2024)

PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SISTEM KOORDINASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Nora Musarillawanty (Universitas Negeri Padang)
Ganda Hijrah Selaras (Universitas Negeri Padang)
Muhyiatul Fadilah (Universitas Negeri Padang)
Rahmawati Darussyamsu (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2024

Abstract

Penggunaan media berbasis teknologi belum pernah serta belum pernah diterapkannya multimedia interaktif dalam pembelajaran biologi merupakan salah satu penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif sistem koordinasi terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik SMAN 1 Luhak Nan Duo. Jenis penelitian ini adalah penelitian semu (quasy eksperiment) dengan rancangan one group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik berupa soal pilihan ganda. Penelitian ini dilakukan pada bulan April-Mei 2024 dengan populasi peserta didik Fase F SMAN 1 Luhak Nan Duo yang memilih mata pelajaran biologi Tahun Ajar 2023/2024 dan sampel sebanyak 62 peserta didik. Analisis data menggunakan uji paired sample t test. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan diketahui bahwa nilai signifikansi < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia interaktif sistem koordinasi berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...