BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 1 (2024)

HUBUNGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DENGAN INDEKS PRESTASI MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Hasnawati (Unknown)
Astria, Fitri Puji (Unknown)
Putri, Hikmah Ramdhani (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2024

Abstract

Keberhasilan mahasiswa dalam dunia akdemik sering ditandai dengan capai indeks prestasi yang diperleh. Namun disatu sisi prestasi tersebut juga dipengaruhi oleh Keterampilan berpikir kritis yang dimilikinya. Tujuan penelitin ini untuk menganalisis hubungan antara indeks prestasi (IP) mahasiswa dengan keterampilan berpikir kritisnya. Penelitian ini berupa expost facto research dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 102 yang di pilih secara purposive sampling dari 335 mahasiswa PGSD angkatan 2021. Data IP mahasiswa diperoleh melalui Kartu Hasil Studi (KHS) mahasiswa dan data keterampilan berpikir kritis (KBK) diperoleh melalui tes. Indicator KBK yang diukur mengacu pada indicator menurut facione yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, dan penjelasan. Analisis data menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji linearitas selanjutnya uji hipotesis menggunakan uji korelasi. Hasil uji normalitas data KBK dan Indek prestasi diperoleh nilai signifikansi secara berturut 0,475>0,05 dan 0,283>0,05 yang menunjukkan data berditribusi normal dan uji linearitas diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,792 > 0,05 yang berarti kedua variabel linear. Selanjutnya hasil uji person korelasi diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05 dan nilai r sebesar 0,342 yang berarti Ha diterima dan H0 di tolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan berpikir kritis dengan indek prestasi mahasiswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...