Branding: Jurnal Manajemen & Bisnis
Vol 1, No 2 (2022): BRANDING: Jurnal Manajemen dan Bisnis

Mekanisme Pasar Menurut Pemikiran Ibnu Taimiyyah dan Ibnu Khaldun

Afiqoh Agustin (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Dudang Gojali (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Reza Fauzi Nazar (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Lilis Sulastri (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2022

Abstract

Pasar adalah suatu aktivitas pembentukan harga suatu barang yang terjadi malalui mekanisme tertentu. Pasar sangat berperan dalam peningkatan perekonomian suatu Negara. Mekanisme pasar sendiri merupakan proses penentuan harga dalam suatu pasar bebas yang didasarkan oleh kekuatan permintaan (demand) dan penawaran (supply), atau penentuan harga yang disebakan oleh suatu proses tarik menarik antara produsen dan konsumen yang bertemu dipasar. Dalam sejarah pemikiran ekonomi islam terdapat beberapa ilmuan muslim yang membahas tentang mekanisme pasar, antar lain Ibnu Taimiyyah dan Ibnu Khaldun. Ibnu Taimiyah (661 H – 728 H) sangat menutamakan pasar bebas dimana mekanisme pasar terjadi secara alami yaitu terjadi ketika harga ditentukan oleh kekuatan permintaan dan penawaran. Ibnu Khaldun (732H/808H) merupakan bapak ekonomi islam, Beliau mendukung adanya pasar terbuka yang dilandasi oleh kekuatan permintaan dan penawaran. Beliau juga berpendapat bawa harga juga dipengaruhi oleh  cukai atau bea/pajak, jumlah penduduk, kondisi pasar dan kebutuhan terhadap barang pokok atau pelengkap.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

branding

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

BRANDING: Jurnal Manajemen & Bisnis (issn: 2963-8852) is a peer-reviewed journal published two times a year (April and October) by Department of Management, Faculty of Economic and Islamic Business. This journal is intended to be the journal for publishing articles reporting the results of research ...