Jurnal Psikologi Pendidikan dan Pengembangan SDM
Vol. 10 No. 2 (2022): JURNAL PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN SDM

MOTIVASI BELAJAR, PENGGUNAAN INTERNET DAN KREATIVITAS DALAM MENGERJAKAN TUGAS SEKOLAH PADA SISWA SMA 24 JAKARTA

Selviana Selviana (Unknown)
Novembi Septiyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar danpenggunaan internet dengan kreativitas siswa kelas XI di SMA 24 Jakarta dalammengerjakan tugas sekolah. Pada penelitian ini, variabel terikatnya adalah kreativitasdan variabel bebasnya adalah motivasi belajar dan penggunaan internet. Tekniksampling yang digunakan adalah sampling jenuh yang berjumlah 161 siswa denganpenelitian kuantitatif. Instrumen penelitian ini menggunakan tiga model skala Likertterdiri dari skala kreativitas, skala motivasi belajar, dan skala penggunaan internet.Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi multivariate. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa 1) ada hubungan positif antara motivasi belajar dengankreativitas 2) ada hubungan positif antara penggunaan internet dengan kreativitas,dan 3) ada hubungan positif antara motivasi belajar dan penggunaan internet dengankreativitas.Kata Kunci: Kreativitas, Motivasi Belajar, Penggunaan Internet.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

psikologi

Publisher

Subject

Education Library & Information Science Physics Social Sciences Other

Description

Jurnal Psikologi : Jurnal Psikologi Pendidikan dan Pengembangan SDM Jurnal Psikologi Pendidikan dan Pengembangan SDM menerima naskah berdasarkan riset empiris, baik kuantitatif dan kualitatif. Selain itu, juga menerima naskah meta analisis atau systematic review yang memiliki keunggulan dalam hal ...