Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 3, No 2 (2020): Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS

Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Swasta di Kabupaten Tangerang

Wahyuddin Wahyuddin (Universitas Indrprasta PGRI)
Taufik Taufik (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui 1) Pengaruh kompetensi profesional guru dan motivasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru MTs Swasta di Kabupaten Tangerang. 2) Pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru MTs Swasta di Kabupaten Tangerang. 3) Pengaruh motivasi terhadap kinerja guru MTs Swasta di Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah survei dengan menggunakan teknik analisis korelasional dan regresi linier berganda. dengan sampel berjumlah 60 guru. Hasil penelitian menunjukkan 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi profesional guru dan motivasi kerja  secara bersama-sama terhadap kinerja guru MTs Swasta di Kabupaten Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 27,718.  2) Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru MTs Swasta di Kabupaten Tangerang. Hal ini dibuktikan nilai perolehan nilai sig 0,005 < 0,05 dan  thitung  = 2,895. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru MTs Swasta di Kabupaten Tangerang.  Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig 0,002 < 0,05 dan thitung  = 3,224.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

herodotus

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang sosial dari berbagai macam disiplin ilmu seperti Pendidikan, komunikasi, ekonomi, humaniora, ...