Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Persepsi Atas Model Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan, 2) Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, 3) Persepsi Atas Model Pembelajaran dan Minat Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta di Kota Serang sejumlah 90 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Atas Model Pembelajaran dan Minat Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial hal ini dibuktikan dengan nilai sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung sebesar 10.813. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Atas Model Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial hal ini dibuktikan dengan nilai sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung sebesar 2.422. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial hal ini dibuktikan dengan nilai sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung sebesar 2.039.
Copyrights © 2021