Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 4, No 2 (2021): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS

Persepsi atas Model Pembelajaran dan Minat Belajar Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa SMP Swasta di Kota Serang

Mashudi Mashudi (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta Indonesia)
Mamik Suendarti (Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia)
Itsar Bolo Rangka (Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Persepsi Atas Model Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan, 2) Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, 3) Persepsi Atas Model Pembelajaran dan Minat Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta di Kota Serang sejumlah 90 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Atas Model Pembelajaran dan Minat Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi  Belajar   Ilmu Pengetahuan Sosial   hal ini dibuktikan dengan  nilai sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung sebesar 10.813. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Atas Model Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial hal ini dibuktikan dengan  nilai sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung sebesar 2.422. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial hal ini dibuktikan dengan  nilai sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung sebesar 2.039.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

herodotus

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang sosial dari berbagai macam disiplin ilmu seperti Pendidikan, komunikasi, ekonomi, humaniora, ...