Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh persepsi kompetensi pedagogik guru dan kemandirian belajar bersama terhadap prestasi belajar sosiologi, Pengaruh persepsi kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar sosiologi, bergantung pada kemandirian terhadap prestasi belajar sosiologi siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik regresi linier berganda dengan jumlah sampel 60 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi pedagogik guru dan kemandirian belajar bersama terhadap prestasi belajar sosiologi siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000<0,05 dan Fhitung= 29,462. 2) Ada pengaruh yang signifikan persepsi kompetensi pedagogik guru terhadap kinerja sosiologi siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig.= 0,003<0,05 dan thitung= 3,153. 3) Ada pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar sosiologi siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya nilai sig.= 0,000<0,05 dan thitung= 3,958.
Copyrights © 2021