Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 6, No 1 (2023): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS

Persepsi Media Pembelajaran dan Kemampuan Literasi Berpengaruh terhadap Prestasi Belajar IPS pada Siswa SMP Negeri di Kota Jakarta Timur

Goessera Putri Rusdiana (Universitas Indraprasta PGRI)
Sumaryoto Sumaryoto (Universitas Indraprasta PGRI)
Syahid Syahid (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
20 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1)  Pengaruh persepsi atas media pembelajaran dan kemampuan literasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. 2) Pengaruh persepsi atas media pembelajaran terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. 3) Pengaruh persepsi atas kemampuan literasi terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Penelitian dilakukan dengan menggunakan penelitian survei dengan teknik analisis regresi berganda. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, hasil penelitian ini adalah : 1) terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh persepsi atas media pembelajaran dan kemampuan literasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa SMP Negeri di Jakarta Timur.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

herodotus

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang sosial dari berbagai macam disiplin ilmu seperti Pendidikan, komunikasi, ekonomi, humaniora, ...