Journal of Lesson Study and Teacher Education (JLSTE)
Vol. 2 No. 1 (2023): Volume 2 No 1 2023

ANALISIS PEMAHAMAN SISWA TERHADAP NILAI MUTLAK MElALUI LESSON STUDY

Arim Wibowo (SMA Muhammadiyah 1 Klaten)
Dina Martini (Unknown)
Kusnita Kusnita (Unknown)
Yusrin Yusrin (Unknown)
Eny Winaryati (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2024

Abstract

Pemahaman konsep adalah kemampuan siswa dalam mereprestasikan pengetahuan yang dimiliki terhadap masasalah baru. Konsep matematika diantaranya adalah nilai mutlak. Siswa dalam memahami nilai mutlak harus mampu mendalami unsur-unsurnya. Nilai mutlak dibangun dari kemampuan aljabar dan geometris. Konsep nilai mutlak adalah dasar pembangun beberapa konsep dalam kalkulus seperti limit. Siswa memahami nilai mutlak mampu mendefinisikan konsep nilai mutlak secara tepat, mampu mengidentifikasi unsur-unsur pembangun konsep, mampu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan nilai mutlak beserta indetifikasi himpunan penyelesaianya. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah menganalisis pemahaman siswa terhadap konsep nilai mutlak. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa yang telah mempelajari nilai mutlak yang mampu mengkumunikasikan secara lisan dan tulisan. Hasil dari penelitan menunjukan bahwa siswa belum secara lengkap memahami nilai mutlak dari konsepnya. Hal ini disebabkan siswa belum mampu mengaitkan unsur-unsur pembangun konsep nilai mutlak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jlste

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Lesson Study and Teacher Education (JLSTE) is a refereed journal published by LitbangMu Jawa Tengah, published twice a year, always places Lesson Studies and Teacher Education in the central focus of academic inquiry. This journal, serving as a forum for the Lesson Study and Teacher ...