Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas implementasi Safari Ramadhan sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman keagamaan di kalangan siswa SMK Muhammadiyah 5 Jember. Adapun metode pengabdian kepada masyarakat penelitan ini menggunakan metode EBR (Empowerment-Based Research) dengan menerapkan langkah-langkah ECA-EVARED (Exploration, Create and Action, Evaluation and Dissemination). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket terhadap siswa yang terlibat dalam kegiatan Safari Ramadhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Safari Ramadhan berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap ajaran Islam. Partisipasi siswa dalam kegiatan keagamaan seperti diskusi, ceramah, dan berbagi pengalaman menunjukkan minat yang tinggi terhadap pembelajaran agama. Faktor pendukung seperti dukungan dari pihak sekolah dan partisipasi siswa yang aktif menjadi kunci keberhasilan implementasi ini. Meskipun demikian, terdapat juga beberapa faktor penghambat seperti keterbatasan sumber daya dan waktu. Rekomendasi untuk pengembangan kegiatan serupa di sekolah lain termasuk memperluas jangkauan kegiatan, melibatkan pihak eksternal, penyediaan sumber daya yang memadai, evaluasi dan pemantauan berkala, serta pengembangan materi pembelajaran yang menarik dan relevan. Dengan menerapkan rekomendasi tersebut, diharapkan implementasi Safari Ramadhan dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan pemahaman keagamaan di kalangan siswa di berbagai sekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024