Karakter religius dan nilai moral sosial merupakan salah satu hal utama yang dibangun dalam pendidikan karakter bangsa Indonesia. Salah satu kegiatan yang dapat dikembangkan untuk menginternalisasikan hal-hal tersebut ke dalam karakter siswa di sekolah formal adalah melalui kegiatan Pondok Ramadan yang biasa dilaksanakan selama bulan suci Ramadan. Sebagai bagian dari program pengabdian kepada masyarakat, maka kegiatan Pondok Ramadan dalam penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Yosowilangun. Hal ini didasari oleh fakta di lapangan bahwa sejumlah siswa di lembaga tersebut belum memiliki pemahaman yang cukup mengenai praktik salat dan bacaan-bacaannya serta hal-hal yang berkaitan dengan zakat, infaq, dan sedekah. Metode penelitian yang digunakan adalah EBR (Empowerment-Based Research) dengan mengikuti langkah-langkah yang disebut ECA-EVARED (Exploration, Create and Action, Evaluation, dan Report and Dissemination). Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah bahwa Pondok Ramadan dapat berdampak positif terhadap tingkat pemahaman agama dan kedisiplinan siswa dalam beribadah serta kesadaran mereka terhadap lingkungan sosial di sekitarnya. Hal ini merupakan salah satu tanda perbaikan karakter siswa untuk lebih relgius dan berkepedulian sosial.
Copyrights © 2024