PANDALUNGAN : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 2 No 2 (2024): April

Penguatan Sikap Toleransi melalui Pendidikan Moderasi Beragama pada MATSAMA dI MA Yunisma

Rizqiyah Ratu Balqis (Universitas Al Falah As Sunniyah Jember)
Amak Fadholi (Universitas Al Falah As Sunniyah Jember)
Aminullah Aminullah (Universitas Al Falah As Sunniyah Jember)
Imra`atus Shalihah (Universitas Al Falah As Sunniyah Jember)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap toleransi siswa baru melalui pendidikan moderasi beragama yang dilaksanakan dalam kegiatan MATSAMA (Masa Ta'aruf Siswa Madrasah Aliyah) di MA YUNISMA. Menggunakan metode Participatory Action Research (PAR), penelitian ini melibatkan partisipasi aktif siswa, guru, dan stakeholder sekolah dalam setiap tahap penelitian. Keunikan penelitian ini terletak pada pendekatan kolaboratifnya yang memberdayakan semua pihak untuk berkontribusi dalam perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan moderasi beragama yang diterapkan secara interaktif dan partisipatif dapat secara signifikan meningkatkan sikap toleransi siswa baru. Selain itu, penelitian ini juga memberikan rekomendasi strategi untuk implementasi program serupa di masa depan, yang dapat diadaptasi oleh sekolah-sekolah lain.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pandalungan

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

PANDALUNGAN : Jurnal Pengabdian Masyarakat sebagai jurnal interdisipliner berfokus pada implementasi layanan pengabdian kepada masyarakat dengan metode pengabdian PAR (Participatory Action Research), ABCD (Asset Based Community Development), CBR (Community-Based Research), Empowerment-Based Research ...