PANDALUNGAN : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 2 No 2 (2024): April

Pemasaran Digital dan Pembuatan Sertifikasi Halal Produk UMKM di Desa Yosowilangun, Lumajang

Muhammad Hamdi (Universitas Al Falah As Sunniyah Jember)
Lailiyatur Rohmah (Universitas Al Falah As Sunniyah Jember)
Anwar Syaddad (Universitas Al Falah As Sunniyah Jember)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan para pelaku UMKM ini mengenai strategi pengembangan UMKM untuk melakukan labelisasi halal dengan memanfaatkan teknologi digital. Hal ini dikarenakan banyaknya produk lokal hasil dari UMKM di Yosowilangun Kidul yang beredar tanpa labelisasi halal dan kurangnya pemahaman para pelaku UMKM tentang hal tersebut. Pencapaian tersebut dilakukan melalui diskusi interaktif dengan melibatkan seluruh peserta. Metode ceramah dilakukan dengan memberikan paparan teoritis tentang pentingnya produk halal dan sertifikasi halal, dan menjelaskan tahapan proses pengurusan sertifikasi produk halal dan memberikan contoh pelaku UMKM yang sudah melaksanakannya. Hasil dari program pengabdian masyarakat ini memberikan dampak positif kepada pelaku UMKM. yaitu pemahaman arti penting pengurusan sertifikasi halal dan pengaruhnya terhadap volume penjualan. Selain itu, pelaku UMKM juga menjadi paham bagaimana tahapan pengurusan sertifikasi produk halal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pandalungan

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

PANDALUNGAN : Jurnal Pengabdian Masyarakat sebagai jurnal interdisipliner berfokus pada implementasi layanan pengabdian kepada masyarakat dengan metode pengabdian PAR (Participatory Action Research), ABCD (Asset Based Community Development), CBR (Community-Based Research), Empowerment-Based Research ...