PANDALUNGAN : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 2 No 2 (2024): April

Mewujudkan Pendidikan Berkualitas dengan Meningkatkan SDM Unggul dan Handal dalam upaya mencapai SDGs 2045 di SDN 01 Desa Besuk

Aminullah Aminullah (Universitas Al-Falah As-Sunniyah Kencong Jember)
Ora Gorez Uke (Universitas Al-Falah As-Sunniyyah Kencong Jember)
Rista Rokhmania A’yun (Universitas Al-Falah As-Sunniyah Kencong Jember)
Arum Maulani (Universitas Al-Falah As-Sunniyah Kencong Jember)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Peningkatan kualitas pembelajaran matematika di SDN 01 Besuk bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa, mendukung tercapainya SDGs 2045. Matematika sering dianggap sulit dan membosankan, menyebabkan siswa pasif dan hasil belajarnya rendah. Berdasarkan observasi, masalah ini terjadi karena ketidaksiapan guru dalam menyampaikan materi dan kurangnya variasi dalam metode pengajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, diterapkan metode discovery learning dan model pengajaran langsung. Discovery learning memberi siswa kesempatan untuk menemukan konsep baru melalui eksperimen dan pemecahan masalah mandiri, sehingga mereka lebih memahami materi. Pengabdian ini juga melibatkan guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengajar serta memotivasi siswa dengan reward bagi yang aktif dan punishment bagi yang kurang antusias. Hasil dari kegiatan pengabdian ini mampu meningkatan partisipasi aktif siswa, keberanian dalam memecahkan masalah matematika, dan pemahaman materi yang lebih baik, serta peningkatan kualitas pendidikan di SDN 01 Besuk.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pandalungan

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

PANDALUNGAN : Jurnal Pengabdian Masyarakat sebagai jurnal interdisipliner berfokus pada implementasi layanan pengabdian kepada masyarakat dengan metode pengabdian PAR (Participatory Action Research), ABCD (Asset Based Community Development), CBR (Community-Based Research), Empowerment-Based Research ...