Sumber-sumber lokal di lingkungan dan budaya sekitar siswa diperlukan untuk meningkatkan pemahaman siswa. Namun berdasarkan pemanfaatan lingkungan fisik dan juga lingkungan non fisik, belum dimanfaatkan secara optimal dalam pembelajaran IPS. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian sumber belajar IPS yang datang langsung dari lingkungan siswa. Sejalan dengan hal tersebut, di Desa Anjir Serapat Muara terdapat kegiatan keagamaan yang belum dimanfaatkan sebagai sumber belajar, padahal kegiatan tersebut berpotensi menjadi sumber belajar bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan kegiatan keagamaan masyarakat Anjir Serapat Muara. 2). Mendeskripsikan kegiatan keagamaan masyarakat Anjir Serapat Muara sebagai sumber pembelajaran IPS. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Kemudian, validitas data diuji menggunakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan teknis. Hasil penelitian ini adalah: 1). Kegiatan keagamaan Anjir Serapat Muara meliputi doa, MDA, Maulid Habsyi, Majlis Taklim, kelompok Yasinan untuk ibu dan ayah, Maulid Nabi Muhammad SAW, Isra Mi'raj, Idul Fitri dan Idul Adha. 2). Integrasi kegiatan keagamaan masyarakat Anjir Serapat Muara sebagai sumber belajar IPS. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan keagamaan Anjir Serapat Muara dapat digunakan sebagai sumber belajar IPS karena dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya dalam materi interaksi sosial, lembaga sosial, serta keragaman etnis dan budaya di kelas VII Semester I SMP.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024