Jurnal Kajian Pendidikan Islam
Volume 3 Nomor 2 Juli 2024

Klasifikasi Hadis Ditinjau Dari Segi Kuantitas dan Kualitas Sanad

Dani, Rahmat (Unknown)
Jihanna Ilmi , Dea (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang klasifikasi hadis ditinjau dari segi kuantitas dan kualitas sanad. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research) teknik pengumpulan data dengan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan content analysis. Hasil  kajian ini ialah hadis merupakan sumber ajaran agama kedua setelah Al-Qur’an. disamping itu hadis juga memiliki fungsi sebagai penjelas terhadap ayat Al-Qur’an. Berdasarkan  kuantitas (banyaknya  jumlah  perawi) atau  orang yang meriwayatkan suatu hadits dapat dibagi menjadi hadits mutawatir dan ahad. Sedangkan dari sisi kualitas hadits dibagi menjadi tiga yaitu hadis shahih, hasan dan dha’if.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkpi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Kajian Pendidikan Islam adalah media publikasi ilmiah peer-review yang berfokus pada hasil penelitian di bidang Pendidikan Karakter, Pendidikan Islam untuk Transformasi Sosial, Kepemimpinan Pendidikan Islam, Kebijakan Pendidikan Islam, Inovasi Pendidikan Islam, Filsafat Pendidikan Islam, ...