Jurnal Kajian Pendidikan Islam
Volume 3 Nomor 2 Juli 2024

Penerapan Metode Pembiasaan Sholat Dhuha Dalam Upaya Penanaman Sikap Disiplin Pada Siswa SD Al-Huda Sidoarjo

Sholicha, Nikmatus (Unknown)
Darajatul Aliyah, Nelud (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode pendidikan ulang sholat dhuha dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SD Al-Huda Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan siswa, guru, dan orang tua sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan sholat dhuha dapat berkontribusi signifikan terhadap peningkatan sikap disiplin siswa. Implementasi program sholat dhuha di SD Al-Huda dilakukan melalui beberapa langkah strategis, yaitu sosialisasi dan penyuluhan kepada siswa dan orang tua, penyediaan fasilitas yang memadai, pengawasan dan pendampingan oleh guru, serta program harian yang terintegrasi dengan jadwal sekolah. Selain itu, sistem penilaian dan penghargaan terhadap siswa yang konsisten melaksanakan sholat dhuha juga berperan penting dalam membentuk sikap disiplin. Evaluasi program menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan siswa tidak hanya dalam melaksanakan sholat dhuha, tetapi juga dalam aspek-aspek lain seperti kehadiran, ketepatan waktu, dan kepatuhan terhadap peraturan sekolah. Dengan demikian, penerapan metode pembiasaan sholat dhuha terbukti efektif sebagai salah satu strategi dalam penanaman sikap disiplin pada siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkpi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Kajian Pendidikan Islam adalah media publikasi ilmiah peer-review yang berfokus pada hasil penelitian di bidang Pendidikan Karakter, Pendidikan Islam untuk Transformasi Sosial, Kepemimpinan Pendidikan Islam, Kebijakan Pendidikan Islam, Inovasi Pendidikan Islam, Filsafat Pendidikan Islam, ...