Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak
Vol 10, No 1 (2024): Januari

STRATEGI PEMBELAJARAN HAFALAN SURAH PENDEK UNTUK ANAK DI TK ISLAM AL-AZHAR CAIRO BANDA ACEH

Rahmi Sofyan (Syiah Kuala University)
Nadia Ervirita (Universitas Syiah Kuala)
Rahmatun Nessa (Universitas Syiah Kuala)
Gracia Mandira (Universitas Syiah Kuala)
Rosmiati Rosmiati (Universitas Syiah Kuala)
Sitti Muliya Rizka (Universitas Syiah Kuala)
Taat Kurnita Yeniningsih (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pembelajaran hafalan surah pendek untuk anak di TK Islam Al-Azhar Cairo Banda Aceh. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan sebagai metode penelitian. Subjek penelitian terdiri dari 3 orang guru Kelas B1 dan 1 Kepala Sekolah. Metode pengumpulan data meliputi teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran hafalan surah pendek meliputi pembiasaan muraja’ah dengan metode talqin, talaqqi, dan jarimatika. Target hafalan di TK-B mulai dari surah Al-Fatihah sampai surah Ad-Dhuha. Guru lebih fokus pada perbaikan pengucapan huruf pada pembelajaran hafalan surah pendek. Penilaian dilakukan menggunakan buku mutaba’ah. Kesulitan yang dihadapi guru antara lain antara lain perbedaan kemampuan hafalan, pengucapan makharijul huruf, dan kurang konsistennya dalam melakukan muraja’ah di rumah. Guru terus memotivasi anak dan bekerjasama dengan orangtua. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berguna bagi pengembangan strategi pembelajaran hafalan surah pendek untuk anak

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bunayya

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bunayya (Jurnal Pendidikan Anak) Terbit 6 bulan sekali (Januari dan Juli) sudah dimulai sejak juni 2015, diterbitkan oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal ini diharapkan sebagai media bagi dosen, peneliti, ...