INCOME: Indonesian Journal of Community Service and Engagement
Vol 2 No 4 (2023)

Meningkatkan Kemampuan Matematika Anak Madrasah Ibtidaiyah Kelas 2 Melalui Bimbingan Belajar Bangun Datar Sederhana

Kiki Riska Ayu Kurniawati (UIN Mataram)
Ahmad Ahmad (Universitas Bumigora Mataram)
Habib Ratu Perwira Negara (Universitas Bumigora Mataram)
Muhmmad Fathoni (Universitas Bumigora Mataram)
Agus Syahid (Universitas Bumigora Mataram)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2023

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan matematika anak kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah (MI) melalui Bimbingan Belajar, khususnya dalam memahami konsep bangun datar sederhana. Pendekatan pembelajaran yang digunakan difokuskan pada pengenalan segiempat, segitiga, dan lingkaran, disesuaikan dengan tingkat pemahaman anak-anak kelas 2. Selama sesi bimbingan belajar, siswa terlibat dalam kegiatan praktis yang melibatkan manipulasi dan penggambaran bangun datar, membantu mereka memahami konsep matematika secara nyata. Metode penilaian yang diterapkan adalah metode formatif, dengan tujuan memantau perkembangan anak-anak selama bimbingan belajar. Evaluasi yang telah dilakukan memberikan gambaran komprehensif tentang peningkatan kemampuan matematika siswa kelas 2 MI dalam materi bangun datar sederhana. Harapannya, pengabdian ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan kurikulum matematika untuk anak-anak kelas 2 MI dan menjadi dasar untuk merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman matematika pada tingkat awal pendidikan dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

income

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Fokus dan Ruang Lingkup Artikel yang dimuat dalam INCOME: Indonesian Journal of Community Service and Engagement berbasis penelitian seperti Participatory Action Research, Pengembangan Masyarakat Berbasis Aset, Riset Berbasis Masyarakat, Pembelajaran Layanan, Pengembangan Masyarakat. Kegiatan ...