CENDEKIA PENDIDIKAN
Vol 3 No 1 (2024): EDISI FEBRUARI

IMPLEMENTASI KULTUR LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS II SD NEGERI 14 KAMPUNG JAMBAK

Idil Fitri Windi (Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat)
Gusnita Efrina (Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat)
Stavinibelia Stavinibelia (Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat)
Yona Syaida Oktira (Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2024

Abstract

Keterampilan literasi sangat penting dalam proses pendidikan seorang anak. Karena dalam proses belajar, seseorang membutuhkan keterampilan literasi untuk dapat menangkap makna atau pesan yang terkandung dalam sebuah bacaan. Dengan kemampuan literasi juga, seorang anak dapat terbiasa untuk mengimplementasikan makna dari literatur yang mereka baca, sehingga dapat menumbuhkan minat baca. Penelitian ini di latar belakangi oleh karna ada beberapa siswa yang masih belum lancar membaca dikarenakan kurangnya minat membaca. Oleh karna itu peneliti ini ingin mengetahui bagaimana kultur literasi di kelas II dalam meningkatkan minat membaca, serta apa saja faktor pendukung dan penghambatnya kultur literasi di kelas II. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Kemudian data yang di kumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dilakukan analisis data melalui tiga tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas II dan siswa kelas II. Berdasarkan penelitian implementasi kultur literasi di kelas II yaitu menerapkan konteks Gerakan literasi sekolah (GLS) dengan adanya sudut baca, budaya literasi 15 menit sebelum memulai pembelajaran dan perpustakaan sekolah. Sedangkan teruntuk faktor pendukungnya yaitu tersedianya sudut baca dengan buku bacaan yang menarik, adanya budaya literasi 15 menit sebelum memulai pembelajaran. Dan teruntuk faktor penghambatnya yaitu kurangnya sarana prasarana, serta keterbatasan waktu dalam penerapannya

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekiapendidikan

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal Cendekia memiliki focus and scope dalam Kajian dan penelitian di bidang pendidikan, kajian menejemen Sekolah, PTK (penelitian tindakan kelas), dan hasil penelitian di bidang pendidikan dan pengembangan pembelajaran di sekolah ...