CENDEKIA PENDIDIKAN
Vol 3 No 1 (2024): EDISI FEBRUARI

PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJRAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS III SD NEGERI 01 ULAK KARANG SELATAN

Putriah, Neli (Unknown)
Ayunis, Ayunis (Unknown)
Stavinibelia, Stavinibelia (Unknown)
Eferina, Gusnita (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Pembelajaran Role Playing dalam pembelajaran Tematik pada Tema 5 Sub Tema 3 Pembelajaran 2 dan 3 Tentang Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia. Penelian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan Metode Role Playing yang dilakukan dalam 2 kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN 01 Ulak Karang Selatan, pada kelas A yang berjumlah sebanyak 26 siswa dan pada kelas C berjumlah sebanyak 24 siswa. Hasil belajar siswa diukur dari lembar hasil belajar siswa dan lembar LKPD pada setiap pertemuan. Dari hasil penelitian dapat ini dapat dilihat bahwa Metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Tematik Siswa Kelas III SDN 01 Ulak Karang Selatan. dapat dilihat pada perbedaan nilai rata-rata pretes Kelas Eksperimen 57,50 dan postes Kelas Eksperimen 78,17, Sedangkan nilai rata-rata pretes Kelas Kontrol 48,54 dan postes Kelas Kontrol adalah 63,38 selanjutnya juga dapat dilihat pada pada hipotesis uji T yang di peroleh signifikansi sig. (2- tailed) 0,000 < 0,05 maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample T-Test, maka dapat disimpulkan Ho di tolak dan Ha di terima.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekiapendidikan

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal Cendekia memiliki focus and scope dalam Kajian dan penelitian di bidang pendidikan, kajian menejemen Sekolah, PTK (penelitian tindakan kelas), dan hasil penelitian di bidang pendidikan dan pengembangan pembelajaran di sekolah ...