EKASAKTI EDUCATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL
Vol. 1 No. 2 (2023): EKASAKTI EDUCATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL (JULY-DECEMBER 2023)

PENGARUH TEMAN SEBAYA DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 5 PADANG

Novita Yohana (Unknown)
Caterina LO (Unknown)
Reni Respita (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh teman sebaya terhadap hasil belajar, 2) pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar, 3) pengaruh teman sebaya dan pemanfaatan perpustakaan secara bersama-sama terhadap hasil belajar keriwausahaan siswa kelas XI di SMK Negeri 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI di SMK Negeri 5 Padang yang berjumlah 79 Siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup yang telah di uji validitas dan reabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara teman sebaya terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien 0,155, nilai thitung 3,272>ttabel sebesar 1,991; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien 0,227, nilai thitung 3,721>ttabel sebesar 1,991; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan teman sebaya dan pemanfaatan perpustakaan secara bersama-sama terhadap hasil belajar dengan Fhitung 13,817>Ftabel 3,96.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

eesj

Publisher

Subject

Education

Description

EKASAKTI EDUCATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL (EESJ) is published by the Teaching Faculty of Education, Ekasakti University, Padang, Indonesia. (EESJ) publishes research articles in education that report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and ...