Aulad : Journal on Early Childhood
Vol. 7 No. 2 (2024): May-Agustus 2024

Analisa Efektivitas Metode Montessori terhadap Kemampuan Atensi Anak ADHD

Hanifah, Nor (Unknown)
Magfiroh, Norma Hasanatul (Unknown)
Assa’diy, Abdulloh Aziz (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2024

Abstract

Tingkat prevalensi ADHD selalu meningkat setiap tahunnya. Permasalahan ini perlu ditangani dengan tepat agar tidak menjadi indikator yang menghambat perkembangan lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Montessori dan menganalisis proses intervensi melalui metode Montessori terhadap kemampuan atensi anak ADHD. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deduktif. Data diperoleh melalui riset kepustakaan (library reserach). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu studi kepustakaan. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik analisis kualitatif deduktif. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa metode pembelajaran montessori memiliki pengaruh yang efektif terhadap perkembangan atensi anak ADHD. Keterkaitan atensi anak ADHD melalui intervensi metode Montessori yaitu dengan karakteristik utama metode Montessori yakni lingkungan yang terstruktur, bebas dalam batasan, anak lebih tertarik dengan aktivitas pilihannya sehingga mampu memiliki durasi konsentrasi yang lebih lama. Tindakan intervensi metode Montessori berbasis aktivitas menggunakan sensorial material, sehingga anak akan lebih terlibat dan berkonsentrasi serta berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aulad

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

Aulad : Journal on Early Childhood is a periodically scientific journal published by Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues on Early Childhood. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals to ...