Penelitian bertujuan mengidentifikasi metode efektif dalam mengintegrasikan nilai-nilai kewirausahaan dalam pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sesuai Kurikulum Merdeka, serta mengevaluasi implementasinya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus di beberapa sekolah PAUD, termasuk TK Negeri Pertiwi di Kabupaten Bantaeng. Subjek penelitian mencakup guru, kepala sekolah, siswa PAUD, dan orang tua siswa. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dokumentasi, dan diskusi kelompok terarah (FGD). Analisis data dilakukan dengan teknik analisis tematik dan keabsahan dijaga melalui triangulasi. Hasil menunjukkan integrasi nilai kewirausahaan dapat dilakukan melalui pendekatan tematik, pembelajaran berbasis proyek, dan permainan peran. Pendekatan tematik mengaitkan konsep kewirausahaan dengan tema relevan, seperti "Pasar" untuk mengajarkan perdagangan dan manajemen. Implementasi metode ini meningkatkan kreativitas, inovasi, keterampilan sosial, dan pemahaman konsep ekonomi sederhana pada anak-anak usia dini. Anak-anak yang terlibat dalam kegiatan tematik dan proyek menunjukkan peningkatan berpikir kreatif dan inovatif, sementara permainan peran mengembangkan keterampilan sosial dan emosional. Penelitian ini memberikan panduan praktis bagi guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dan meningkatkan pemahaman pentingnya nilai kewirausahaan sejak dini. Penelitian ini tidak hanya berfokus pada aspek teoritis tetapi juga memberikan dampak praktis dalam meningkatkan kualitas pendidikan PAUD di Indonesia.
Copyrights © 2024