Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 4 No 2 (2024): JULI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MURID KELAS IV SDN 108 INPRES TONASA KABUPATEN TAKALAR

Cahya, Nur (Unknown)
Yumriani (Unknown)
Syamsuriyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan murid dalam menjawab pertanyaan. selain itu, ketika dalam proses pembelajaran pada umumnya murid jarang bertanya sehingga hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 108 Inpres Tonasa Kabupaten Takalar masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give terhadap hasil belajar IPS murid Kelas IV SDN 108 Inpres Tonasa Kabupaten Takalar tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen berbentuk eksperimental semu menggunakan One Group Pretest dan Postets Design yang hanya memiliki satu kelompok subjek dengan dua kondisi observasi yang dilaksanakan tanpa adanya kelompok pembanding dan diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Take and Give.Variabel dalam penelitian ini terdiri dari Variabel bebas yaitu model pembelajaran Take and Give dan variable terikat yaitu hasil belajar murid kelas IV SDN 108 Inpres Tonasa Kabupaten Takalar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh murid kelas IV SDN 108 Inpres Tonasa yang berjumlah 28 murid dan sampel yaitu kelas IV yang berjumlah 28 murid. Teknik analisis data menggunakan uji-t untuk menguji pengaruh model pembelajaran Take and Give terhadap hasil belajar IPS. Hasil penelitian dengan analisis statistik inferensial dengan menggunakan uji-t diketahui bahwa terdapat hasil belajar yang signifikan, hal ini terlibat dimana lebih besar dari sehingga dapat disimpulkan bahwa setelah penerapan model pembelajaran Take and Give hasil belajar siswa meningkat dilihat dari postets dibandingkan sebelum diterapkan model pembelajaran Take and Give karena dengan penerapan model pembelajaran Take and Give materi pelajaran akan mudah diserap atau dipahami murid sehingga hasil belajar murid mengalami peningkatan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...