Journal Liaison Academia and Society
Vol 4, No 2 (2024): Juni 2024

Implementasi Kreativitas Guru Melalui Pendekatan Efikasi Diri di SMP Negeri 1 Pulau Rakyat Asahan

Gulo, Yona (Unknown)
Karo-Karo, Selamat (Unknown)
Sitepu, Elisabeth (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2024

Abstract

Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan kompetensi dan keterampilan guru, sehingga guru mampu meningkatkan kreativitas kinerjanya melalui efikasi diri dalam memaksimalkan sistem pembelajaran dan potensi yang ada di didalam benaknya. Permasalahan yang terdapat di SMP Negeri 1 Pulau Rakyat Asahan adalah guru belum dapat mengembangkan kompetensi dan keterampilan secara terpadu dalam meningkatkan kreativitas kinerjanya, terutama melalui efikasi diri. Permasalahan lainnya diketahui juga bahwa lembaga pendidikan terkait belum dapat memfasilitasi pengembangan kompetensi, serta keterampilan guru dan siswa tersebut sepenuhnya. Pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pendekatan partisipatif, dengan metode pelatihan. Simpulan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah guru SMP Negeri 1 Pulau Rakyat Asahan menyadari akan pentingnya pengembangan kompetensi dan keterampilan secara terpadu, terutama dengan melakukan peningkatan kreativitas kinerja melalui efikasi diri. Pengembangan keterampilan kreatif dan penguatan efikasi diri, serta pemenuhan fasilitas pembelajaran dari lembaga pendidikan terkait, dapat menjadikan peserta kegiatan sebagai agen perubahan untuk menciptakan sumber daya manusia unggul dan bermutu dalam menghadapi dinamika pendidikan kontemporer di masa yang akan dating.Kata Kunci:Impelementasi, Kreativitas, Efikasi Diri, dan SMP Negeri 1 Pulau Rakyat Asahan.

Copyrights © 2024