Abstrak Strategi promosi dan pelayanan pariwisata menjadi subjek utama dalam penelitian ini. Pendekatan penelitian ini mengumpulkan data melalui studi literatur, yang melibatkan pembacaan literatur dari berbagai sumber termasuk buku, jurnal dan laporan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan deduktif. Temuan penelitian ini bahwa ada beberapa strategi promosi pariwisata yaitu periklanan (advertising), penjualan perorangan (personal selling), publisitas (publicity), promosi penjualan (sales promotion), dan pemasaran sponsorships (marketing sponsorships). Adapun strategi pelayanan pariwisata yaitu adalah bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), keyakinan/jaminan (assurance), dan perhatian (empathy). Strategi promosi dan pelayanan pariwisata tersebut sangat efektif dalam meningkatkan jumlah pengunjung wisata di Indonesia. Kata Kunci: Promosi, Pelayanan, Pariwisata, Wisata
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024