Jurnal Ilmiah Edunomika (JIE)
Vol 8, No 2 (2024): EDUNOMIKA

ANALISIS STRATEGI PROMOSI DAN PELAYANAN PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG WISATA DI INDONESIA

Yoseb Boari (Universitas Ottow Geissler Papua)
Yovita Yovita (Universitas Terbuka)
Andry Mochamad Ramdan (Universitas Pasundan)
Adnan Adnan (Universitas Malikussaleh)
Bambang Sucipto (Universitas Al-Ghifari Bandung)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2024

Abstract

Abstrak Strategi promosi dan pelayanan pariwisata menjadi subjek utama dalam penelitian ini. Pendekatan penelitian ini mengumpulkan data melalui studi literatur, yang melibatkan pembacaan literatur dari berbagai sumber termasuk buku, jurnal dan laporan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan deduktif. Temuan penelitian ini bahwa ada beberapa strategi promosi pariwisata yaitu periklanan (advertising), penjualan perorangan (personal selling), publisitas (publicity), promosi penjualan (sales promotion), dan pemasaran sponsorships (marketing sponsorships). Adapun strategi pelayanan pariwisata yaitu adalah bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), keyakinan/jaminan (assurance), dan perhatian (empathy). Strategi promosi dan pelayanan pariwisata tersebut sangat efektif dalam meningkatkan jumlah pengunjung wisata di Indonesia. Kata Kunci: Promosi, Pelayanan, Pariwisata, Wisata

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jie

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Ilmiah EDUNOMIKA dengan ISSN 2598-1153, diterbitkan 2 (dua) kali setahun (Pebruari dan Agustus) oleh LPPM STIE AAS Surakarta bekerjasama dengan Pusat Kajian Pendidikan dan Ekonomi (PUSKAPE), Yayasan Keluarga Muslim Al Azarul Ulum Sukoharjo. Terbit pertama pada bulan Pebruari 2017. Redaksi ...