Jurnal Ilmiah Edunomika (JIE)
Vol 8, No 2 (2024): EDUNOMIKA

EKSPLORASI PENGGUNAAN E-WALLET SHOPEEPAY PADA MAHASISWA DI INDONESIA

Eva Yuniarti Utami (Universitas Sebelas Maret)
Eka Hendrayani (Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi)
Elly Yuniar Nitawati (Universitas Bhayangkara Surabaya)
Luthfi Nuraini (Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang)
Rieneke Ryke Kalalo (Universitas Kristen Indonesia Tomohon)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2024

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ekplorasi penggunaan e-wallet ShopeePay pada mahasiswa di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dengan cara survey berupa instrumen kuesioner yang kemudian disebar melalui google form. Simple random sample digunakan sebagai teknik pengambilan sampel sebanyak 100 responden. Kemudian indikator yang digunakan untuk melihat ekplorasi penggunaan e-wallet ShopeePay pada mahasiswa di Indonesia yaitu persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan atau manfaat, dan persepsi risiko. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa persepi kemudahan penggunaan menunjukkan hasil 96% mahasiswa di Indonesia memberikan tanggapan bahwa ShopeePay memberikan banyak kemudahan dalam penggunaannya. Persepsi kegunaan atau manfaat menunjukkan hasil 91% mahasiswa di Indonesia memberikan tanggapan bahwa ShopeePay memberikan kegunaan atau manfaat dalam berbelanja online dan dalam hal transaksi pembayaran. Persepsi risiko menunjukkan hasil 83% mahasiswa di Indonesia menyetujui bahwa ShopeePay memiliki tingkat risiko yang rendah. Selain itu, dilihat dari minat bertransaksi menunjukkan hasil 89% mahasiswa di Indonesia tertarik untuk melakukan transaksi melalui ShopeePay. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-wallet ShopeePay dipengaruhi oleh ketiga persepsi tersebut. Kata Kunci: E-Wallet ShopeePay, Persepsi, Mahasiswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jie

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Ilmiah EDUNOMIKA dengan ISSN 2598-1153, diterbitkan 2 (dua) kali setahun (Pebruari dan Agustus) oleh LPPM STIE AAS Surakarta bekerjasama dengan Pusat Kajian Pendidikan dan Ekonomi (PUSKAPE), Yayasan Keluarga Muslim Al Azarul Ulum Sukoharjo. Terbit pertama pada bulan Pebruari 2017. Redaksi ...