Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak tunagrahita melalui pembelajaran keterampilan. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan pendekatan single subject research (SSR). Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan desain A-B-A. data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan ditampilkan melalui grafik garis. Subjek penelitian ini adalah seorang anak tunagrahita kelas IX dengan inisial A yang bersekolah di SKh Negeri 02 Kota Serang. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa pemberian pembelajaran keterampilan membuat kerajinan dari resin pada anak tunagrahita kelas IX dapat meningkatkan kreativitas anak. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata perolehan data pada target behavior pada penelitian ini. Hasil yang didapatkan pada fase A-1 (baseline-1) adalah 33%, setelah diberikannya perlakuan atau intervensi pada fase B (intervensi) rata-rata perolehan data yang didapatkan meningkat yaitu 57% dan setelah diberikannya perlakuan atau intervensi maka perolehan data pada fase A-2 (baseline-2) yaitu 53%. Dengan demikian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pemberian pembelajaran keterampilan membuat kerajinan dari resin dapat meningkatkan kreativtias anak tunagrahita pada anak tunagrahita kelas IX di SKh Negeri 02 Kota Serang.
Copyrights © 2024