Berkala Ilmiah Pendidikan
Vol. 4 No. 2 (2024): Berkala Ilmiah Pendidikan

Pengembangan Media Puzzle Model Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Tema Mengenal Simbol dan Sila-Sila Pancasila di Kelas 1 MI Minhadlul Ulum TA 2023/2024

Eka Wulandari (Unknown)
Masrurotul Mahmudah (Unknown)
Fadilah, Lutfi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan kualitas dan mengukur peningkatan hasil belajar menggunakan media Puzzle Model Make A Match pada pembelajaran tematik materi mengenal simbol dan sila-sila pancasila dikelas I MI Minhadlul Ulum Trimulyo. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R & D). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yang dikembangkan oleh Reiser & Mollenda yang terdiri dari lima langkah, yaitu 1) analisis, 2) desain, 3) pengembangan, 4) implementasi, 5) evaluasi. Penelitian ini dilakukan di kelas I MI Minhadlul Ulum dengan melibatkan 17 siswa yang terdiri dari 9 siswa dan 8 siswi. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulakan bahwa media puzzle dipilih dengan menyesuikan model pembelajaran make a match materi simbol dan sila-sila pancasila yang di desain menggunakan aplikasi corel draw dan dicetak menggunakan kertas duplex berkualitas. Hasil validasi dari validator ahli media memperoleh presentase sebesar 92,86% termasuk dalam kriteria sangat layak. Validasi ahli materi memperoleh presentase sebesar 96,43% termasuk dalam kriteria sangat baik. Dan hasil belajar peserta didik sebelum diterapkannya media puzzle memperoleh 9 siswa tuntas dan 8 siswa tidak tuntas kemudian setelah peneliti menerapkan media puzzle hasil belajar memperoleh 15 siswa tuntas dan 2 siswa tidak tuntas artinya efektifitas penggunaan media puzzle model make a match sangat baik untuk diterapkan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Berkala Ilmiah Pendidikan (Online ISSN 2775-5312) publishes original articles on the latest issues and trends occurring in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal ...